Iklan Parepare.com

Weblog Iklan Lokal Jangkauan Global

Keterampilan Barang Bekas

Konsekuensi adanya aktivitas manusia yang begitu kompleks adalah menyisakan sampah. Material atau barang bekas yang dihasilkan dari setiap aktivitas yang kita gunakan sehari-sehari sebanding dengan jumlah atau volume sampah. Kehadiran sampah ini menimbulkan permasalahan baru dalam pengelolaan sampah.

Dibuang Jadi Uang

Masalah yang sering muncul dalam penanganan sampah adalah biaya operasional yang tinggi dan tempat pembuangan akhir. Akibatnya, sampah yang tidak tertampung di TPA, dibuang dengan cara tidak saniter dan mencemari lingkungan. Padahal, jika kita cerdas melihat peluang yang ada, keterampilan barang bekas dari sampah dapat menghasilkan uang.

Prinsip Pengelolaan Sampah

Terdapat empat prinsip dalam mengelola sampah yaitu sebagai berikut.

1. Mengurangi (reduce).
2. Menggunakan kembali (reuse).
3. Mendaur ulang (recycle).
4. Mengganti (replace).

Namun, di sini, kita hanya membahas prinsip mendaur ulang (recycle) dengan memanfaatkan kembali material sampah untuk tujuan bermanfaat dan dapat dijual kembali. Dengan prinsip mendaur ulang, kita tidak hanya membantu mengurangi volume sampah, tetapi membuka peluang bagi usaha baru.

Peluang usaha daur ulang sampah merupakan usaha yang menjanjikan dan memberikan banyak keuntungan. Selain didaur ulang, barang bekas yang kita miliki dapat disulap menjadi barang bermanfaat dan dapat dijual. Anda tinggal memilih dan memilah jenis barang bekas yang bisa diolah dan dijual kembali.

Memulai Usaha Daur Ulang

Untuk memulai usaha daur ulang dari sampah atau barang bekas, kita harus mengetahui klasifikasi sampah atau barang bekas yang bisa didaur ulang.

Dari jenis sampah organik, kita bisa mendaur ulang sampah rumah tangga, seperti sisa sayuran, buah, makanan basi, dan sampah daun-daun kering. Pengolahan dari jenis sampah organik dapat menghasilkan pupuk organik yang baik sebagai nutrisi pertumbuhan tanaman.

Dari jenis sampah anorganik, kita bisa mendaur ulang material, seperti botol-botol plastik bekas sampo, pasta gigi, deterjen, air mineral, ember dan jerigen; kertas (terutama kertas bekas, sepertikoran, majalah, kardus, dan lain-lain); logam bekas tempat minuman ringan, wadah kemasan kue kaleng, rangka, dan besi.

Dari jenis sampah anorganik, kita bisa mengolah barang bekas menjadi berbagai karya. Misalnya, untuk pengolahan barang bekas yang berbahan baku plastik. Kita bisa mengolah sampah plastik menjadi produk jadi, seperti souvenir yang biasa kita dapatkan ketika mengunjungi resepsi pernikahan.

Bentuk souvenir ini bisa berupa gantungan kunci, bingkai kaca kecil, cermin, dan lain-lain. Selain itu, barang bekas dari kertas juga bisa diolah menjadi aneka kriya, seperti amplop, map, paper bag, tempat tisu, replika binatang, dan lain-lain.

Di tangan orang kreatif, kertas tidak hanya didaur ulang menjadi kotak kado atau kertas daur ulang, tetapi ada juga yang menjadikannya lukisan relief bernilai seni tinggi dan ekonomi tinggi tentunya.

10 Tip Menjalankan Usaha Daur Ulang Barang Bekas

Usaha daur ulang barang bekas adalah usaha yang membutuhkan kreativitas dan kerja keras. Berikut ini adalah beberapa tip yang bisa Anda perhatikan dalam memulai usaha.

1. Anda harus cermat memilih usaha yang cocok untuk Anda, sesuai minat dan lokasi usaha.
2. Pastikan modal Anda cukup, baik untuk investasi awal maupun modal usaha.
3. Anda harus cerdas melihat peluang pasar. Buatlah produk yang mungkin banyak disukai masyarakat.
4. Memanfaatkan barang bekas yang ada disekitar rumah Anda atau tetangga agar biaya awal yang kita keluarkan tidak terlalu mahal.
5. Memilih dan memilah bahan baku yang akan diolah untuk daur ulang.
6. Perhatikan standar harga ketika menjual produk.
7. Meyakinkan pembeli bahwa produk yang Anda jual berkualitas baik.
8. Sering-seringlah melakukan promosi untuk produk-produk yang telah Anda hasilkan, misalnya melalui pameran dan bazaar agar produk Anda dikenal banyak orang.
9. Anda harus memiliki strategi pemasaran sehingga produk Anda memiliki peminat yang terus bertambah.
10. Disiplin, optimis, dan kerja keras.

Demikianlah tip yang bisa dijadikan panduan bagi pembaca yang akan memulai usaha dalam mengolah barang bekas. Mengolah barang bekas menjadi uang akan membuka naluri Anda dalam memulai bisnis.

Selain bernilai ekonomis, usaha mengolah barang bekas memiliki efek positif bagi masyarakat sekitar lingkungan usaha kita. Masyarakat tersadarkan untuk menjaga kebersihan dan bisa memilih barang bekas yang bisa didaur ulang sehingga masyarakat merasa terbantu dalam mengelola sampah.

sumber:anneahira.com

About these ads

Filed under: Artikel / Info, Manfaat Sampah, , , , ,

Apa anda suka ? Beri Komentar..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Video anda di You Tube

Mencari hunian yang tepat atau INGIN JUAL RUMAH ? disini tempatnya …

Rumah dijual

Mau cari atau menjual mobil Anda ? Klik disini… !!!

Mobil bekas

Daftarkan alamat email anda dan dapatkan info / artikel atau iklan terbaru dari kami. Tetap kunjungi kami.

Bergabunglah dengan 30 pengikut lainnya.

Label Bacaan

My Twitter

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 30 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: