Iklan Parepare.com

Weblog Iklan Lokal Jangkauan Global

Bunga rosella

Rosella (Hibiscus Sabdarida)
Tanaman Rosella memiliki lebih dari 300 spesies yang tersebar pada daerah tropis dan non tropis. Biasanya, digunakan sebagai
tanaman hias dan beberapa diantaranya dipercaya memiliki kasiat medis, salah satu diantaranya adalah rosella merah atau rosella (Hibiscus Sabdariffa).
Pada tahun 2006, dilakukan penelitian tentang manfaat medis dari rosela merah (Hibiscus sabdariffa) dan diperoleh hasil terdapat 1,7 mmol/prolox antioksidan. Jumlah itu lebih banyak dibandingkan kumis kucing yang antioksidannya teruji klinis meluruhkan batu ginjal.

Bunga Rosella

Berbagai Manfaat dan Khasiat Kelopak Bunga Rosella diantaranya sebagai berikut :

Bersifat detoksifikasi, menetralkan racun
Menurunkan tekanan darah
Menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes
Menghambat tumbuhnya kanker
Menjaga stamina
Menurunkan kolesterol dalam darah
Menyeimbangkan berat badan
Mengurangi panas dalam dan susah BAB
Menurunkan tingkat penggumpalan lemak di hati
Mengurangi pusing / migraine
Mengandung multivitamin, termasuk vit.C dan Beta karoten
Membantu memulihkan dari ketergantungan obat

Trus, cara buatnya gampang aja, tinggal seduh 5-7 kelopak bunga dengan air panas, tunggu 5 menit, siap minum. Rasa dari minuman ini seperti asam jawa. Kalo yang punya sakit maag harus hati hati dan menambahkan kadar airnya. Kalau mau tambah gula boleh juga, tapi lebih baik dicampur pake madu saja sebagai pemanis, Manfaat lain adalah Meningkatkan Stamina dan daya tahan tubuh
Bunga rosella bersifat detoksifikasi (menetralkan racun)
Menurunkan tekanan darah, kadar gula darah, asam urat dan kolesterol tubuh
Dengan meminum teh rosella dapat juga mengatasi batuk, sariawan dan sakit tenggorokan.
Mampu mengurangi pusing migrane.
Rosella merah bisa menghaluskan kulit serta mengurangi keriputan.
Membuat langsing tubuh karena mampu menurunkan berat badan. Pasti sangat bermanfaat bagi anda para wanita. Dan cukup minum teh ini saja.
Khusus untuk anak-anak karena bunga rosella mengandung OMEGA3, maka dapat memacu pertumbuhan DHA.
Luar biasanya bunga rosella merah dapat juga membantu para pecandu. Misal perokok dapat mengurangi dampak negatif nikotin.

Atau bermanfaat untuk mengurangi ketergantungan akan narkoba
Dan masih banyak lagi manfaat lain yang bisa didapat dari teh merah ini.
Di negara Sudan bunga rosella menjadi minuman kebangsaan mereka. Dan banyak negara yang masyaraktnya sudah merasakan manfaat

dari rosella merah baik itu dibuat menjadi teh ataupun minuman yang lain.

Pernahkan anda merasa bahwa pada saat usia Anda beranjak lebih lanjut dan kondisi Anda akan tetap sebugar masa muda ? Tentu tidak akan demikian kenyataannya. Untuk itu menjaga pola kesehatan seperti menjaga pola makan, pola hidup sehat serta berolahraga secukupnya sangat diperlukan.
Berbagai penyakit yang biasanya menyerang manusia pada saat usia lanjut adalah penyakit osteoporosis (tulang keropos) atau penuaan dini,yang menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang dewasa kini. Untuk itu sebagian pakar kesehatan sangat

menyarankan untuk memiliki tabungan kalsium dan vitamin C dalam tubuh dengan kadar yang tepat dan seimbang.
Namun selain itu juga terdapat beberapa alternative untuk menjaga kesehatan agar tetap fit saat usia lanjut. Salah satunya

dengan mengkonsumsi minuman herbal teh yang berasal dari bunga Rosella.
Tanaman Rosella ( Hibiscus sabdariffa) yang dulu hanya ditanam sebagai penghasil serat dan mulai ditinggalkan, kini kembali populer sejak diketahui banyak manfaat lain yang lebih hebat. Dalam pengolahannya, kelopak bunga Rosella bisa dibuat sari buah, teh herbal, sirup, selai, campuran salad, pudding, asinan, dan aneka minuman segar. Sebagai obat tradisional, Rosella berkhasiat sebagai antiseptic, aprodisiak, pelarut, sedative dan tonik.
Tanaman Rosella memiliki manfaat yang sangat besar dalam menjaga kesehatan tubuh. Bunga yang berasal dari India dan Afrika ini mempunyai banyak kelebihan yaitu mengandung kalsium, vitamin C, D, B1, B2, Magnesium, Omega-3, beta-caroten, dan 18 asam amino essensial untuk tubuh, diantaranya lysine dan agrinine. Kandungan vitamin C yang ada pada bunga Rosella 3x lipat dari anggur hitam, 9x lipat dari jeruk citrus dan 10x lipat dari buah belimbing.
Agak berbeda dengan minuman teh yang lain, teh Rosella ini memiliki rasa yang lebih menyerupai rasa sirup yang segar,

terlebih jika ditambah gula atau madu. Diharapkan kehadiran teh Rosella ini bisa memberika sajian yang tidak hanya nikmat,

tetapi juga menyehatkan serta meningkatkan stamina. Bisa disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin sehingga sangat cocok sebagai sajian sehat istimewa keluarga anda.

Beberapa khasiat teh Rosella :
1. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi, kolesterol, batuk, panas dalam, ambien.
2. Melancarkan peredaran darah, melancarkan kencing, buang air besar, memperbaiki saluran kencing dan ginjal.
3. Menurunkan kadar gula dalam darah/diabetes
4. Menurunkan asam urat.
5. Mencegah kanker
6. Menambah vitalitas dan kesehatan jantung.
7. Meningkatkan daya tahan tubuh
8. Membantu kesehatan mata
9. Pengganti cairan elektrolit tubuh
10. Mengontrol berat badan untuk program diet, memperbaiki pencernaan dan mencerahkan kulit
11. Mencegah penuaan dini
12. Menetralkan racun
13. Menurunkan tingkat penggumpalan lemak di hati
14. Mengurangi pusing dan migraine
15. Bagi anak-anak, mempercepat pertumbuhan otak karena mengandung omega-3 dan memacu pertumbuhan DNA.
16. Melindungi dari infeksi kuman, anti bakteri, anti virus dan mengobati keracunan
Cara minum :
Campurkan 3-5 kelopak bunga Rosella yang telah dicuci bersih dalam air panas. Diamkan sekitar 5 menit untuk memberikan citra

rasa, aroma dan warna khas bunga Rosella. Untuk penderita maag, komposisi air harus lebih banyak dan diminum setelah makan.

Rosella
Bunga Cantik Berkhasiat Obat

Belum lama berselang sempat mencoba membuat teh dari bunga rosella, rasanya berbeda dengan teh pada umumnya. Teh rosella mempunyai warna merah menyala dan rasa yang segar.

Rosella (Hibiscus sabdariffa Linn.) adalah tanaman dari keluarga sejenis kembang sepatu. Konon tanaman ini berasal Afrika dan Timur Tengah. Tanaman perdu ini bisa mencapai 3-5 meter tingginya. Jika sudah dewasa, tanaman ini akan mengelurakan bunga berwarna merah. Bagian bunga dan biji inilah bermanfaat baik untuk kesehatan.

Menurut DEP.KES.RI.No.SPP.1065/35.15/05, setiap 100 gr rosella mengandung 260-280 mg vitamin C, vitamin D, B1 dan B2.

kandungan lainya adalah kalsium 486 mg, omega 3, Magnesium, beta karotin serta asam amino esensial seperti lysine dan agrinine. Bunga rosella juga kaya akan serat yang bagus untuk kesehatan saluran pencernaan.

Tanaman yang berkembang biak dengan biji ini bermanfaat baik untuk kesehatan. Stamina tubuh akan meningkat jika minum teh rosella, masuk akal karena di rosella mengandung vitamin C dan mineral esensial yang cukup tinggi. Vitamin C rosella juga dipercaya mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker. Kalsium yang tinggi dapat mencegah keropos tulang. Sedangkan zat-zat tertentu di dalam rosella mampu meremajakan sel tubuh serta melindungi tubuh dari inveksi kuman dan virus.

Jika Anda ingin membuat the rosella, ambil sekitar 3-4 kuntum bunga rosella segar/yang sudah dikeringkan, cuci bersih dan belah dua. Seduh dengan 200 ml air panas, aduk sambil sedikit di tekan-tekan kelopak bunganya hingga air berwarna merah, saring. Tambahkan 1 sdm air jeruk nipis dan 3 sdm madu. Sajikan hangat.

Bunga rosella juga dapat dijadikan bahan baku selai, warnanya yang merah menyala, menghasilkan selai yang menyehatkan dan berwarna cantik. Anda memerlukan 250 g kuntum bunga rosella, 1 sdm tepung maizena, air 150 ml, gula pasir 150 g, air jeruk lemon/nipis 3 sdm, 1/4 sdt vanilla pasta dan ¼ sdt garam halus. Cara membuatnya; Blender bunga rosella dengan air dan tepung maizena hingga halus. Angkat. Tuang ke dalam panci, tambahkan gula dan air. Masak hingga mendidih, masukkan jeruk nipis, pasta vanili dan garam. Masak hingga tekstur saus mengental. Angkat. Simpan di dalam stoples kedap udara

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari bunga rosella merah. Biasanya penyajian yang sering dilakukan adalah mengeringkan dan diseduh menjadi secangkir teh. Rasanya sendiri agak kecut-kecut.

Bunga rosella sendiri mengandung 260-280 mg vitamin C, vitamin D, B1 dan B2 pada setiap 100 gramnya. Teh rosella sendiri mengandung kalsium yang begitu tinggi sekitar 486 mg / 100 gr. Selain itu juga mengandung Magnesium, Omega 3 , Vitamin A, Iron, Potasium, Beta Caroteen & Asam Esensial. Melihat kandungannya saja sudah terlihat begitu besar manfaat yang akan didapat.

Bunga Rosella
Pengolahan Baik, Hargapun Sangat Baik

Teknik pengolahan teh Rosella yang ditawarkan diadopsi dari pengolahan teh hijau. Selain dijadikan teh, bunga Rosella juga bisa dijadikan jus, selai, sirup dan manisan.

Rosella, bunga ini telah dikenal di Indonesia sebagai bunga yang memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Biasanya, bunga ini dikeringkan dan dijadikan sebagai se duhan teh. Tahukah Anda bahwa Rosella juga bisa diolah menjadi berbagai macam bentuk sajian? Beberapa inovasi olahan Rosella inilah yang coba ditawarkan oleh Slamet Budiyanto, salah seorang staf di UPT Kerjasama Fakultas Teknologi Pertanian IPB. Ia memberikan pengetahuan membuat teh Rosella yang baik dan me ngenalkan beberapa olahan yang berasal dari bunga Rosella.

Mengolah Rosella

“Biasanya petani membuat teh Rosella dengan cara konvensional,” terangnya. Bunga Rosella dijemur dengan meng andalkan panas matahari. Para petani pun kurang memperhatikan aspek kebersihan, pengolahan, dan penjemuran yang benar dari teknik pengeringan ini. Hasilnya, harga jual teh Rosella merosot karena kualitas yang dihasilkan kurang bagus.

Slamet memproses bunga Rosella ini dengan teknik adopsi dari pengolahan teh hijau. Bunga Rosella di sortir dan dicuci.

Setelah itu, bunga Rosella mengalami proses blansir. Proses ini merupakan pemanasan awal yang bertujuan menonaktifkan enzim-enzim yang bisa me ngubah warna. Selanjutnya, bunga Rosella dilayukan menggunakan roller. Rosella kemudian dikeringkan dengan dua tahap. Pertama, Rosella dikeringkan di rumah kaca. Langkah kedua, rosella dimasukkan ke dalam cabinet dryer.

Menurut Slamet, teknik ini cocok dite rapkan untuk pengolahan teh Rosella. Teh Rosella olahan ini memiliki ciri-ciri kadar air lebih rendah dibandingkan pengeringan dengan matahari, yaitu sekitar 8% saja. Warna teh Rosella lebih seragam. Daya seduh

teh lebih baik. Hasil yang diperoleh juga memiliki kualitas yang bagus diban dingkan pengeringan dengan matahari. Selain teh Rosella, Slamet juga menawarkan inovasi pengolahan bunga Rosella. “Saya berhasil membuat varian olahan dari Rosella.” Semisal sirup Rosella, jelly Rosella, jus Rosella, dan manisan Rosella.

Menurutnya, teh Rosella dengan pe ngeringan yang baik akan menaikkan harga jual. Biasanya para petani menjual Rosella kering dengan harga antara Rp 40.000 – Rp 70.000. Tapi dengan pe ngeringan di atas, teh Rosella dapat dijual dengan harga Rp 100.000 – Rp 130.000.

Bagi anda petani Bunga Rosella

Anda tidak perlu risau memasarkan tanaman anda, Tehmerah.com merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan
& budidaya tehmerah bunga rosella terbesar di Indonesia dengan hubungan kerjasama kemitraan dengan berbagai petani rosela di daerah-daerah dan pegunungan, siap mengadakan pelatihan dan pendidikan bagi para petani tentang strategi budidaya teh merah, sehingga mampu menghasilkan produk teh merah dengan kualitas terjamin & memenuhi standart ekspor. Teh merah dibudidayakan di area perkebunan lebih dari 500 hektar, sehingga mampu memenuhi permintaan sampai sekala besar, seperti permintaan dari pabrik ataupun ekspor.

Selain bergerak dibidang budidaya bunga rosela, kami juga bergerak di bidang agrobis. Kami menjual berbagai produk unggulan yang telah dikenal luas di masyarakat dan yang paling diminati. Kami berkomitmen penuh untuk eksis dalam memasarkan berbagai produk alami hasil kekayaan alam Indonesia. Semua ini dimulai karena kami bangga dan mencintai produk hasil kekayaan alam Indonesia. Dan yang terpenting adalah komitmen kami untuk memberi yang terbaik dalam pelayanan kami kepada anda.

Produk-Produk yang disediakan antara lain:

Komoditi Curah
Berbagai komoditi untuk bahan baku dasar herbal dan jamu olahan. Diantaranya kelopak kering Rosella, Sambiloto, Mengkudu,

Mahkotadewa dll.
Produk Herbal
Produk kesehatan dari tanaman alami untuk bahan herbal maupun sebagai makanan dan minuman sehat. Diantaranya: Rosella, Benalu
teh, Teh Hijau, Teh Mahkotadewa, Madu, Jamur Kuping dan Jamur Tiram

Produk Benih Tanaman Hias
Juga menyediakan berbagai benih dan biji tanaman hias maupun tanaman bermanfaat lainnya. Benih/Biji Rosela, Anturium,

Aglonema, Adenium, Lavender, Buah naga, Cendana dll.
Kerajinan Kayu Cendana
Berbagai kerajinan dan hasil olahan dari kayu cendana. Pohon cendana adalah sebuah pohon yang kayunya memiliki aroma wangi

dan khas. Kayu cendana adalah komoditi yang telah langka dan saat ini menjadi salah satu primadona dari pulau Timor, NTT.

Tersedia kerajinan berbentuk tasbih, rosari, kipas dan minyak dari kayu cendana.

Kami sebagai pemasar teh merah dan agroibis sekala nasional dan internasional. Melayani berbagai pembelian, mulai eceran

langsung konsumen, agen, distributor, pabrik, eksportir dengan pembagian harga yang murah, proposional dan adil. Kami

mempunyai & memegang komitmen bisnis, bahwa hanya boleh ada 1 agen dalam satu kota, dengan system yang mudah dan keuntungan

melimpah. Tunggu apa lagi, segera bergabung dan maju bersama Situs Kami.

Bunga Rosella merah (Hibiscus Sabdariffa) yang banyak khasiatnya, lalu bagaimana cara mengolah untuk dikomsumsi oleh tubuh kita.

Bunga rosella dapat diolah menjadi minuman yang praktis untuk dikomsumsi. selai satunya adalah teh rosella, selai roti rosella dan sirup rosella.

Cara mengolah bunga rosella menjadi teh rosella adalah setelah bunga rosella dipetik tinggal kita jemur bunga tersebut sampai kering. Untuk menyajikannya kita ambil 3-5 kuntum bunga rosella diseduh dengan 200 ml air panas, aduk sambil sedikit di tekan-tekan kelopak bunganya hingga air berwarna merah, saring. Tambahkan 1 sdm air jeruk nipis dan 3 sdm madu. Sajikan hangat.

Cara yang kedua mengolah bunga rosella menjadi selai roti sebagai berikut siapkan 250 gram kuntum bunga rosella, 1 sdm

tepung maizena, air 150 ml, gula pasir 150 g, air jeruk lemon/nipis 3 sdm, 1/4 sdt vanilla pasta dan 1/4 sdt garam halus.

Cara membuatnya; Blender bunga rosella dengan air dan tepung maizena hingga halus. Angkat. Tuang ke dalam panci, tambahkan

gula dan air. Masak hingga mendidih, masukkan jeruk nipis, pasta vanili dan garam. Masak hingga tekstur saus mengental.

Angkat. Simpan di dalam stoples kedap udara (catatan bunga rosella belum dijemur).

Cara ketiga mengolah bunga rosella menjadi sirup adalah sebagai berikut siapkan 250 gram kuntum bunga rosella yang belum

dijemur, 500 gram gula pasir dan 300 gram air. Caranya Bleder bunga rosella, air dan gula pasir kemudian masak hingga

mendidih dan saring. setelah dinggin masukkan ke stoples dan simpan di kulkas. sajikan dengan beberapa sendok makan sirup

rosella dan air dinggin / hangat .

Sumber : berbagai macam, semoga bermanfaat (plagiaters)

Filed under: Artikel / Info, Tips & Trik, , , , ,

2 Responses

  1. Anonim mengatakan:

    saya berada d pekanbaru alamat di pelalawan langgam ingin menjual bunga rossella . . ni no hp saya 082385936059

Apa anda suka ? Beri Komentar..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Video anda di You Tube

Mencari hunian yang tepat atau INGIN JUAL RUMAH ? disini tempatnya …

Rumah dijual

Mau cari atau menjual mobil Anda ? Klik disini… !!!

Mobil bekas

Daftarkan alamat email anda dan dapatkan info / artikel atau iklan terbaru dari kami. Tetap kunjungi kami.

Bergabunglah dengan 43 pengikut lainnya

Label Bacaan

Like Facebook

My Twitter

%d blogger menyukai ini: